Copyright 2013. Buku Paket Kontekstual Papua. All rights reserved.

     Buku Paket Kontekstual Papua (BPKP) merupakan buku pelajaran pertama yang disusun di Papua sejak Otonomi Khusus dimulai. Buku ini disusun sebagai jembatan antara situasi siswa sebelum masuk SD, supaya bisa menghadapi buku pelajaran kelas 4 yang sulit. Sehingga buku ini hanya tersedia dari kelas 1 - 3 SD.

     Selama ini, kondisi Papua terus berada di urutan terakhir di bidang pendidikan. Presentase buta huruf dan anak putus sekolah merupakan paling tinggi di Indonesia. Selain itu, banyak guru yang belum bisa mengadopsi dan menerapkan buku paket dari pusat secara tepat. Kondisi siswa yang kurang menguasai bahasa Indonesia dan tidak mengikuti pendidikan di Taman kanak-Kanak membuat guru kesulitan. Buku BPKP hadir dari buku kelas 1-3 sebagai jembatan ke buku belajar nasional kelas 4.

    Buku Paket Kontekstual Papua (BPKP) tampak sangat sederhana karena menggunakan bahasa Indonesia yang sederhana, tetapi didactic (cara menjelaskan) dan pendekatan sangat modern dan mengikuti perkembangan pendidikan di dunia. BPKP disebut sebagai suatu praktik terbaik dan telah mendapat rekomendasi dari dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Papua. BPKP bisa disesuaikan dengan keadaan, kebutuhan, dan budaya di daerah terpencil lainnya di Indonesia atau diterjemahkan ke bahasa daerah setempat.

     Buku Paket Kontekstual Papua terdiri dari dua pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia dan Matematika. Dua pelajaran ini merupakan pelajaran dasar, jika dua pelajaran ini dapat dikuasai anak, pelajaran yang lain dapat dengan mudah diserap anak. Dari masing-masing pelajaran terdiri dari 3 buku inti, yaitu Buku Panduan Guru, Buku Kerja Siswa, dan Buku Tes. Buku Panduan Guru akan selalu menjadi partner guru sehari-hari di kelas. Oleh sebab itu, Buku Panduan Guru sudah dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP dibuat dalam tingkat bahasa yang sangat sederhana, dapat menolong guru untuk fokus ke praktik belajar mengajar dan menghemat waktu administrasi kelas. RPP sudah terhubung otomatis dengan buku kerja siswa dan buku tes. Selain itu, materi didalam BPKP sesuai dengan konteks lingkungan hidup, cerita dan budaya Papua.  

     BPKP bertujuan membantu menjawab permasalahan tersebut. Metode mengajar dalam BPKP menawarkan banyak permainan, lagu-lagu, cerita dan gambar sesuai budaya Papua serta pengulangan materi yang dapat membantu guru atau orang tua dalam mengajar. Kecepatan belajar dalam BPKP pada awalnya terlihat pelan, namun pada tingkat kelas dua BPKP sudah belajar dengan tujuan-tujuan akhir Nasional Pendidikan.

    BPKP tetap mengacu pada tujuan akhir Nasional Pendidikan, dengan cara yang cocok untuk Papua. Secara ringkas, Buku Paket Kontekstual Papua dapat dipakai oleh guru, orang tua dan siapa saja. Dengan penerapan yang tepat, hasil belajar anak akan sangat baik karena menggunakan cara mengajar baru yang lebih efektif, kontekstual dan menyenangkan.

Apa ITU Buku Paket KONTEKSTUAL PAPUA?

Kegiatan Tim Pengembang Buku Paket Kontekstual Papua

Buku Paket Kontekstual Papua